Profil Bulak

Desa Bulak merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Letaknya sekitar 20 kilometer dari kota Kabupaten Kendal, tepatnya dari alun-alun ke arah barat menuju Kecamatan Weleri dan masuk menuju arah utara Kecamatan Rowosari. Desa Bulak terbagi menjadi enam pedukuhan, yaitu pedukuhan Bulak 1, Bulak 2, Siwalan, Aram-aram, Gunungsari dan Banyutowo. Keenam pedukuhan tersebut memiliki 31 Rukun Tetangga (RT) dan 6 Rukun Warga (RW). Luas wilayah Desa Bulak mencapai 253.065 ha a• m2. Batas administratif Desa Bulak, meliputi:

Sebelah Utara                : Desa Sendang Sikucing

Sebelah Timur               : Desa Kebonsari

Sebelah Selatan             : Desa Tanjunganom

Sebelah Barat                : Desa Gebanganom

Pusat pemerintahan atau Balai Desa sendiri terletak di dukuh Aram-aram yang letaknya dekat dengan Desa Kebonsari.

Kondisi penggunaan lahan Desa Bulak sebagian besar terdiri dari tanah sawah, tanah kering, dan tanah lain-lain (sungai, jalan, kuburan, saluran dan lain-lain). Luas tanah sawah adalah 193.440 ha a• m2, yaitu tanah irigasi sederhana. Luas tanah kering adalah 41.670 ha a• m2, yaitu tanah pekarangan / bangunan. Sedangkan luas tanah dan lain-lain (tanah bengkok, lapangan olahraga, perkantoran pemerintahan, dan tempat makam desa umum) adalah 34.045 ha a• m2.

Desa Bulak memiliki beberapa potensi, yang meliputi industri kecil dan industri rumah tangga seperti pengasapan ikan, unthuk-unthuk cacing, gereh rebon, terasi dan madu murni.